Pemadaman Listrik Rugikan Pedagang Ikan Hias

By: ikanhiasbekasi

Okt 12 2009

Kategori: Uncategorized

Tinggalkan komentar

Pemadaman Listrik Rugikan Pedagang Ikan Hias
Media Indonesia, Selasa, 06 Oktober 2009 18:35 WIB
Penulis : Intan Juita

JAKARTA–MI: Pemadaman listrik bergilir akibat meledaknya gardu induk di Kembangan kini mulai terasa dampaknya. Salah satu pihak yang menjadi korban adalah para pengusaha kecil yang usahanya tergantung pada listrik.

Bagi pedagang ikan hias, listrik bagian utama untuk menjamin hidup matinya ikan. “Untuk memperoleh oksigen, aliran listrik sangat dibutuhkan. Jika listrik padam, tak ada genset, matilah ikan –ikan ini, minimal lemas,” kata Iyus, 22, satu pedagang ikan hias di Balai Benih Ikan Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (6/10).

Iyus mengakui ia selalu siap siaga dengan gensetnya, khawatir aliran listrik PLN padam secara mendadak. “Seperti tadi siang, pemutusan aliran listrik tanpa pemberitahuan,” katanya.

Di tokonya, Iyus menjual ikan jenis koi, mulai harga Rp30 ribu sampai Rp300.000/ekor. “Ini ikan Koi lokal, kalau yang impor harganya bisa jutaan rupiah,” tambahnya.

Menurutnya, jika ia terkena pemadaman otomatis pengeluarannya juga bertambah. “Minimal saya harus mengeluarkan tambahan biaya sekitar Rp50.000 per hari untuk membeli bensin untuk genset,” tutur Iyus.

Untuk penggunaan satu jam gensetnya membutuhkan satu liter bensin untuk bahan bakar. Pedagang yang tidak memiliki genset bahkan lebih kebingungan. “Bagi saya sebagai pedagang kecil yang tidak punya genset, amat sulit jika aliran listrik PLN padam karena satu jam saja ikan bisa mati,” tutur Rusdi, pedagang ikan hias di kompleks perikanan Jl Raya Kamal, Cengkareng, Jakarta Barat.

Ia terpaksa harus memasukan ikan-ikannya ke dalam kantong plastik yang diberi oksigen. “Risikonya cukup berat, sebab ikan tidak dapat bergerak leluasa, air tidak dapat berganti, jika listrik padam seharian banyak ikan yang mati,” ujarnya. (Jui/OL-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: