Importir masih Pesan Produk UKM Bekasi

By: ikanhiasbekasi

Agu 20 2009

Kategori: ikan hias bekasi

Tinggalkan komentar

Importir masih Pesan Produk UKM Bekasi

Media Indonesia, Minggu, 10 Mei 2009

BEKASI–MI: Sejumlah importir yang biasa membeli produk usaha kecil menengah (UKM) kota Bekasi masih tetap memesan produk berupa suvenir dan garmen yang dihasilkan pengrajin setempat.

Kepala Dinas Perindag kota Bekasi, Noviar Hermansyah, di Bekasi, Minggu, mengatakan, perbulan sekitar tiga kontainer produk berupa suvenir dari kerang dan bahan daur ulang, pakaian muslim bordiran serta busana muslim berbahan kaus dikirim kenegara tujuan ekspor.

Permintaan ekspor datang dari negara seperti Malaysia, Singapura, Timur Tengah dan Eropa dengan pengiriman per bulan mencapai tiga kontainer.

Noviar menyatakan, kiris mengakibatkan penurunan permintaan, namun pengrajin tetap berusaha menjalin kerjasama sehingga permintaan dari luar negeri tetap berdatangan.

Produk yang diekspor tersebut terdiri dari bahan daur ulang dan kerang-kerangan dihasilkan oleh Inacraft berupa suvenir, hiasan rumah, hiasan meja, dinding dan bahan kerangan untuk tas.

Untuk Warga masyarakat di Timur tengah, produk UKM yang diekspor adalah busana muslim yang dilengkapi bordiran dan payet berbagai motif.

Sedangkan Malaysia, sangat menggemari produk berupa garment busana muslim berbahan kaus yang sejuk dibadan.

Noviar mengatakan, dari hasil ekspor tersebut bisa dihasilkan devisa yang cukup besar, serta mulai dikenalkan Bekasi ke luar negeri.

Disisi lain, untuk permintaan produk UKM didalam negeri juga mengalami penurunan sejalan dengan melemahnya daya beli masyarakat di Indonesia, namun proses produksi UKM tetap berjalan dengan penekanan produksi.

Produk UKM di kota Bekasi dibagi kedalam tujuh cluster yaitu makanan dan minuman, sepatu dan ikat pinggang, garmen/bordir, ikan hias, ina craft, tanaman hias dan boneka.

Pada 2007 dari ekspor kota Bekasi mampu menghasilkan devisa sebesar 152.559,046 juta dolar AS, dengan volume sebesar 50.765.324 kg, sementara pada 2008 meningkat cukup besar menjadi 183.070,855 juta dolar AS dengan volume 95.768.458 kg. (Ant/OL-02)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: